fbpx

Syarat menggunakan distribusi poisson penting untuk diketahui. Dengan mengetahui syarat penggunaan distribusi poisson maka lebih mudah untuk mengetahui atau menghitung peluang dan peristiwa yang terjadi pada rentang waktu tertentu. Sehingga akan tepat dalam memasukkan data-data untuk keperluan. Dengan begitu perolehan hasil yang tepat bisa semakin besar. 

Syarat Menggunakan Distribusi Poisson untuk Menghitung Peristiwa

Dalam mengamati sebuah kejadian atau peristiwa bisa dengan memanfaatkan distribusi poisson. Distribusi Poisson adalah distribusi probabilitas yang digunakan untuk menghitung jumlah peristiwa yang terjadi dalam suatu interval waktu atau ruang tertentu, ketika peristiwa-peristiwa tersebut terjadi secara acak dan independen dengan tingkat kejadian yang tetap rata-rata.

Jumlah kemunculan peristiwa dalam suatu interval tersebut bisa berupa luas, volume, jarak, waktu, sampai jumlah hitungan. Jenis distribusi ini sering digunakan untuk menentukan peluang sebuah peristiwa yang dalam kesempatan tertentu diharapkan jarang terjadi. 

Terdapat beberapa contoh dari distribusi ini yaitu jumlah terjadinya shutdown suatu pabrik dalam setahun, banyaknya bakteri dalam 1 liter air, dan jumlah cacat dalam satuan luas kaca lembaran. Distribusi poisson bisa untuk menghitung peluang terjadinya suatu hasil percobaan selama suatu selang waktu yang singkat sekali atau dalam suatu selang yang kecil. 

Sepanjang selang waktu tersebut atau besarnya daerah tersebut tidak tergantung dengan banyak hasil percobaan yang terjadi di luar selang waktu dan daerah tertentu. Pemanfaatan distribusi poisson bisa untuk menghitung jumlah peristiwa yang terjadi pada selang waktu tertentu. Para peneliti umum menggunakan distribusi poisson untuk mengetahui peluang sebuah peristiwa yang terjadi. 

Syarat Penggunaan

Dalam penggunaan distribusi poisson tentunya terdapat beberapa syarat-syarat khusus. Apabila data tidak memenuhi syarat maka sulit untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Sehingga penting untuk memperhatikan data-data sebelum menghitung peluang peristiwa yang terjadi. Beberapa syarat umum untuk menggunakan distribusi Poisson adalah sebagai berikut:

  1. Kejadian-kejadian yang diamati bersifat independen, ini berarti bahwa kejadian yang terjadi dalam interval waktu atau ruang tertentu tidak dipengaruhi oleh kejadian lainnya yang terjadi dalam interval tersebut.
  2. Tingkat kejadian rata-rata tetap, distribusi Poisson cocok digunakan jika tingkat kejadian rata-rata dalam interval waktu atau ruang tertentu adalah konstan. Ini berarti bahwa tingkat kejadian harus tetap stabil selama interval yang diamati.
  3. Peristiwa-peristiwa langka, distribusi Poisson sesuai digunakan ketika kejadian yang diamati jarang terjadi dalam interval waktu atau ruang tertentu. Dalam konteks ini, “jarang” dapat didefinisikan relatif, tetapi umumnya berarti bahwa tingkat kejadian sangat rendah dibandingkan dengan ukuran interval waktu atau ruangnya.
  4. Jumlah kejadian yang diamati saling eksklusif, setiap kejadian yang diamati tidak bisa terjadi secara bersamaan atau tumpang tindih dalam interval waktu atau ruang yang sama.

Agar bisa memperoleh data peluang peristiwa yang sesuai dan tepat perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan apakah data-data peristiwa sesuai dengan syarat menggunakan distribusi poisson atau tidak. Apabila peristiwa sudah sesuai dengan syarat-syarat tersebut maka memungkinkan mendapatkan data yang sesuai dan akurat. 

Baca Juga

Penjelasan Software Lisrel Secara Detail, Pengolahan Data Kompleks

https://smallseotools.com/view-report/2486df8af56b03baf60e7c1c16e79f88/