fbpx

Penjelasan software Lisrel adalah software pintar yang di kembangkan oleh Dag Sorbom dan Karl Joreskog dari Uppsala University. Lisrel sendiri singkatan dari Linear Structural Relationship.

Software ini terus mengalami perkembangan sejak tahun 1970, tapi baru di publish pada tahun 1988 oleh Scientific Software International (SSI) yang mana di beri kabel LISREL 7:A Guide to the Program and Application (Sorbom dan Joreskorg).

Berita terakhir software ini adalah LISREL 8.8. Namun, untuk sizeĀ  mahasiswa Indonesia harga software Lisrel 8.8 masih sangat mahal. Versi terakhir LISREL 8.8 untuk Windows harganya UU$ 495 di tambah ongkir UU$ 20. Artikel kali ini akan mengulas lebih soal software Lisrel, langsung saja baca.

Detail Penjelasan Software Lisrel

Penjelasan Software Lisrel merupakan software yang di gunakan untuk aplikasi structural equation modeling atau SEM. Software satu ini mampu mengolah data yang mempunyai pola hubungan rumit dan kompleks.

Perlu Anda ketahui, Structural Equation Modeling tidak di pergunakan untuk membentuk sebuah teori kausalitas. Justru di gunakan untuk menguji kausalitas yang sudah ada teorinya yang di gunakan dalam menguji sebuah teori.

Selain itu Structural Equation Modeling juga di gunakan untuk menguji hubungan antara variabel laten. Untuk versi student edition menawarkan penggunaan gratis tidak trial. Akan tetapi, penggunaan Lisrel versi student edition sudah tentu mempunyai keterbatasan.

Nah, keterbatasan teras mencakup beberapa hal, antara lain analisis statistik dasar dan manipulasi data di batasi maksimal 20 variabel. Model SEM juga di batasi maksimal 15 variabel observed. Pemodelan multilevel di batasi penggunaannya maksimal 15 Variable.

Sementara model GLM di batasi maksimal 20 variabel. Sedangkan pengimporan, hanya bisa mengimpor data ASCII, tab delimited, comma delimited, dan SPSS saja. Walaupun ada keterbatasan, untuk kepentingan pengolahan data penelitian pada level rendah hingga menengah sudah memadai sekali.

Jadi Anda sudah tahu bukan mengenai penjelasan software Lisrel beserta ulasan lainnya dengan detail. Bagi Anda yang masih awam, tentu sudah tidak bingung lagi terkait software yang satu ini. Kini tinggal memahami, sebelum melakukan analisis data.

Baca Juga:

Analisis Regresi Statistik, Metode Uji Pengaruh Variabel