fbpx

Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan aplikasi pemrograman untuk membuat aplikasi Windows berbasis grafis (Graphical User Interface). Tugas aplikasi ini adalah untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Aplikasi ini cukup populer untuk pemrograman aplikasi bisnis.

Visual Basic sendiri mudah dihubungkan dengan banyak produk database. Misalnya seperti Microsoft Access dan alat pelaporan terutama Crystal Reports.

Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0

Microsoft Visual Basic versi 6.0 kini menjadi bagian dari Visual Studio. Aplikasi ini menjadi versi terakhir dari produk Visual Basic sebenarnya. Cukup banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi ini untuk bisnisnya. Terlebih lagi, aplikasi ini sangat populer dan banyak yang menggunakannya untuk bisnis.

Visual Basic menerapkan bahasa yang mudah dimengerti, sehingga pemrograman dalam visual basic bisa dilakukan oleh orang yang baru belajar membuat program. VB bersifat event driven yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual.

Sehingga, programmer dapat membuat program berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan model pemrograman Common Object Model (COM). Bagi orang yang sering berhubungan langsung dengan komputer, sudah pasti pernah mendengar dan terlibat langsung dengan Visual Basic. Baik di lingkungan kantor, tempat kerja, maupun sekolah.

Komponen dalam Program Visual Basic

Dalam program VB, terdapat beberapa komponen seperti:

  • Toolbar
  • Control Menu
  • Form Windows
  • Project Explorer
  • Properties Windows
  • Toolbox
  • Code Windows

Kegunaan Microsoft Visual Basic 6.0

Visual Basic memiliki kegunaan untuk membuat program basis Windows yang sederhana hingga pemrograman lebih kompleks. Program ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi perpustakaan atau kasir sederhana. Misalnya untuk membuat aplikasi sederhana dengan visual basic maka perlu menguasai bahasa pemrograman C++.

Bisa pula menggunakan Microsoft Visual Basic versi 6.0 yang terbaru untuk membuat aplikasi sederhana dengan basis Visual Basic. Terlebih lagi Visual Basic berkaitan erat dengan Microsoft Visual Studio yang merupakan perangkat lunak untuk pengembangan aplikasi.

Aplikasi Microsoft Visual Basic 6.0 sudah menggunakan fitur-fitur terbaru yang memudahkan pengguna membuat aplikasi. Dukungan Microsoft Visual Studio juga yang memudahkan dalam pengembangan aplikasi. Aplikasi ini cocok untuk mengembangkan aplikasi bisnis, personal, atau komponen dalam bentuk Windows, console, atau aplikasi web. 

Baca Juga :

Mengenal Ilmu Statistika Dan Jenis-Jenisnya Secara Detail