fbpx

Ketika anda mendengarkan kata statistika kira-kira apa sih yang terbesit dalam pikiran anda? Apakah anda berpikir jika statistika itu hanya sekumpulan angka dan grafik tabel grafik poligon sampai grafik lingkaran yang berderet-deret? Jika anda memikirkan hal itu artinya pemahaman anda tentang ilmu statistika sudah benar.

Iya statistika seolah-olah sudah menjadi bagian dari ilmu pengetahuan ini faktanya memang tidak akan jauh dari adanya sekumpulan angka dengan beberapa grafik sebagai penggambaran jelaskan. Masih banyak orang yang belum tahu jika ilmu pengetahuan yang satu ini sudah ada sebelum abad ke-18. Jadi bisa di katakan jika ilmu yang satu ini menjadi salah satu ilmu tertua di dunia yang masih dipakai sampai saat ini.

Materi pembelajaran tentang statistika mulai di ajarkan kepada kita semua mulai dari kelas 8 lebih tepatnya mata pelajaran matematika. Pembelajaran yang satu ini memang harus di perkenalkan sedini mungkin agar saat menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi tidak merasa asing dan bingung dengan statistika. Akan tetapi sayangnya tak semua orang bisa langsung memahami tentang apa itu statistika dan jenis-jenisnya.

Inilah Jenis-Jenis Dari Ilmu Statistika

Jenis Ilmu Statistika Deskriptif

Statistika deskriptif merupakan jenis statistika yang mana menggambarkan serta menganalisis suatu kelompok data tanpa harus menarik kesimpulan tentang kelompok data yang lebih besar. Lebih singkatnya statistika jenis ini hanya memberikan informasi mengenai data yang di miliki saja tanpa mempunyai maksud untuk menguji hipotesis ataupun menarik kesimpulan. Jenis statistika ini memang hanya di gunakan untuk menyajikan serta menganalisis data agar lebih bermakna dan sifatnya komunikatif.

Pastinya juga sudah di sertai penghitungan penghitungan sederhana yang sifatnya hanya untuk memperjelas keadaan dan atau karakteristik data yang bersangkutan. Contoh jenis statistika deskriptif ini yaitu data berupa jumlah siswa di sekolah jumlah kelulusan siswa setiap tahun atau jumlah hewan burung pada suatu penangkaran. Keberadaan dari statistik kh ini lebih di kenal juga dengan statistika dasar yang memakai perhitungan sederhana.

Jenis Statistika Inferensial

Statistika inferensial merupakan jenis statistika yang berkaitan dengan adanya kesimpulan secara valid yang umumnya akan memasukkan unsur peluang dalam penarikan kesimpulan. Statistika jenis ini di anggap menjadi salah satu bagian statistika yang berkaitan dengan cara menganalisis sampel dan pengambilan kesimpulan. Tentu saja hal ini berkaitan dengan masalah estimasi dari parameter populasi serta pengujian hipotesis.

Statistika inferensial merupakan statistika yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan yang sifatnya umum dari data sampel yang sudah di analisis sebelumnya. Jenis ilmu statistika inferensial mempunyai dua jenis yaitu statistika parametrik dan statistika non parametrik. Yang mana kedua jenis tersebut mempunyai cara tersendiri dalam perhitungan ilmu statistika nya.

Baca Juga :

Invers dengan PSO, Algoritma untuk Memecahkan Masalah Optimasi