fbpx

Uji statistika parametrik merupakan salah satu jenis analisis statistik yang bermanfaat dalam menguji hipotesis terkait dengan rata-rata serta varian populasi. Pengujian ini di dasarkan pada asumsi jika data yang mendasari mengikuti distribusi normal.

Selain itu juga mempunyai beberapa sifat utama yang antara lain keandalan, kemampuan , serta ketahanan dalam mendeteksi perbedaan halus yang terdapat dalam data.

Mengetahui Kelebihan dan Syarat Uji Statistika Parametrik

Sesuai dengan namanya, statistik parametrik merupakan bentuk tes ukuran yang di berikan pada sampel. Ini berlangsung setelah pemberi tes mengetahui parameter populasi pada sampel tersebut.

Oleh karena itu, waktu pengujiannya pun cukup singkat karena parameternya telah di perkirakan atau di antisipasi terlebih dahulu. Sebagai contoh metode pengujian statistik parametrik yakni Student’s-test.

Manfaat dan Kelebihan

Statistik parametrik berisi tentang pengujian yang memiliki dasar informasi tertentu terkait dengan sebuah sampel.  Adapun kelebihan dalam menggunakan metode statistik yang satu ini terletak pada efisiensi waktu yang di butuhkan.

Sebuah uji dapat berlangsung secara lebih singkat karena telah terdapat informasi spesifik mengenai sampel yang akan di uji. Dengan kata lain pengujian dengan memakai statistik parametrik lebih memiliki nilai statistika apabila kita bandingkan dengan statistik non parametrik.

Kelebihan lain yang terdapat pada statistik parametrik adalah sampel memiliki varian yang homogen. Hal ini karena berasal dari populasi yang berdistribusi normal.

Selanjutnya syarat-syarat parameter yang berasal dari populasi yang menjadi sampel pada umumnya tidak akan di uji lagi yang kemudian di anggap telah memenuhi syarat.

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Statistik Parametrik

Selain memiliki beberapa kelebihan, statistik parametrik juga memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang bisa di jadikan pertimbangan dalam menggunakan statistika parametrik. Adapun beberapa syarat tersebut antara lain:

  • Sampel mempunyai varians yang sama
  • Proses pengambilan sampel harus berlangsung secara random
  • Populasi yang di jadikan tempat dalam pengambilan sampel harus memiliki distribusi normal
  • Skala data yang di gunakan harus memiliki bentuk interval atau rasio

Melalui uji statistika parametrik mampu memberikan hasil yang akurat serta dapat di andalkan dalam berbagai aplikasi. Hal penting yang harus di perhatikan adalah memilih tes yang sesuai berdasarkan data serta pertanyaan penelitian yang sedang di bahas. 

Baca Juga:

Statistika Deskriptif Adalah, Berikut Pengertian hingga Kegunaannya