fbpx

Statistika deskriptif adalah salah satu ilmu yang sangat berguna dan pastinya penting untuk kegiatan penelitian serta analisis data apapun. Dengan ilmu ini maka Anda bisa mendapatkan berbagai informasi berguna yang berasal dari data serta variabel yang ada dengan metode tertentu.

Pemusatan data pada data berkelompok dan data tunggal melalui mean, modus dan median. Ukuran letak data berkelompok dan data tunggal melalui kuartil dan desil. Ukuran penyebaran dalam data tunggal melalui simpangan rata-rata, simpangan, jangkauan dan jangkauan antar kuartil.

Kemudian ukuran penyebaran data dalam data berkelompok melalui simpangan baku, ragam simpangan kuartil, jangkauan dan jangkauan antar kuartil. Lalu apa yang dimaksud dengan statistika deskriptif? Untuk Anda yang sangat penasaran, berikut akan kita bahas bersama.

Statistika Deskriptif adalah, Berikut Pembahasanya

Menurut KBBI, statistika adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, menyajikan, interpretasi data dan juga mengambil kesimpulan. Sementara itu deskriptif menurut KBBI adalah bersifat menggambarkan apa adanya.

Dengan pengertian berdasarkan KBBI tersebut, bisa kita simpulkan bahwa statistika deskriptif merupakan metode atau ilmu untuk mengumpulkan, menggolongkan serta menganalisis data berupa angka untuk memberikan informasi maupun keterangan yang berguna.

Singkatnya, pengertian statistika deskriptif adalah suatu metode yang berhubungan dengan pengolahan angka untuk bisa mendapatkan informasi berguna. Lalu apa kegunaan dari metode ini? Salah satunya yaitu untuk menganalisis dan mengolah data dari suatu penelitian.

Metode ini berguna memberikan informasi dan juga hubungan variabel berdasar data yang telah Anda kumpulkan sebelumnya. Ilmu ini akan sangat berguna baik untuk anak SMA maupun kuliah ketika harus melakukan penelitian kecil-kecilan atau penelitian tugas akhir atau skripsi.

Selain untuk anak SMA dan mahasiswa, metode ini juga bisa digunakan dalam dunia kerja sekalipun. Misalnya ketika Anda ingin memulai suatu bisnis maka Anda harus merancang perkiraan finansial usaha. Hal tersebut bisa Anda lakukan menggunakan statistika deskriptif.

Dengan kegunaan tersebut kita tahu bahwa statistika deskriptif adalah ilmu yang cukup penting. Karena itu Anda bisa mempelajari dan menerapkannya dalam kehidupan.

Baca Juga:

Jenis dariĀ  Model General Nesting Spatial (GNS) yang Bisa Kamu Ketahui