fbpx

Salah satu fitur yang telah menjadi populer di kalangan peneliti adalah aplikasi VOSviewer. untuk melakukan analisis dan visualisasi data ilmiah adalah VOSviewer.

Dalam dunia ilmu pengetahuan, penelitian serta kajian seringkali menghasilkan banyak data serta informasi yang kompleks. Oleh karena itu, penting untuk memiliki alat yang efisien. 

Sehingga dalam menganalisis serta memvisualisasikan data tersebut. Agar dapat dengan mudah memahami pola-pola serta hubungan di antara berbagai elemen yang terlibat. 

Apa Itu Aplikasi Vosviewer dan Manfaatnya?

VOSviewer adalah sebuah aplikasi perangkat lunak (software) yang di kembangkan oleh Professor Nees Jan van Eck dan Professor Ludo Waltman. Mereka berasal dari Universitas Teknologi Delft, Belanda. 

Nama “VOSviewer” merupakan kependekan dari “Visualization of Similarities viewer”. Aplikasi ini di rancang khusus untuk membantu peneliti serta akademisi. 

Dapat di gunakan dalam mengelola, menganalisis, serta memvisualisasikan data bibliometrik serta jaringan pengetahuan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari aplikasi VOSviewer:

  1. Analisis Bibliometrik

Memungkinkan analisis bibliometrik yang mendalam. Termasuk analisis ko-kutipan, analisis sitasi, analisis co-authorship (ko-penulis) serta analisis peringkat kata kunci. 

  1. Pemetaan Jaringan Pengetahuan

Salah satu fitur utama aplikasi VOSviewer adalah kemampuannya untuk memetakan jaringan pengetahuan berdasarkan ko-kutipan atau hubungan lainnya. Visualisasi ini membantu mengidentifikasi kelompok topik yang saling terkait.

  1. Klasifikasi dan Klasterisasi

Dengan VOSviewer, peneliti dapat mengklasifikasikan publikasi atau elemen lainnya menjadi kelompok. Berdasarkan kesamaan topik atau karakteristik tertentu. 

  1. Ekspor dan Kolaborasi

Aplikasi ini memungkinkan ekspor visualisasi dalam berbagai format. Seperti gambar atau file teks yang dapat di gunakan untuk keperluan publikasi serta presentasi. 

Selain itu, aplikasi VOSviewer mendukung kerjasama antara peneliti. Memungkinkan mereka berbagi proyek serta data untuk analisis bersama.

  1. Sumber Terbuka dan Mudah digunakan

Software ini adalah perangkat lunak sumber terbuka (open source), artinya tersedia untuk diunduh secara gratis. Antarmuka pengguna yang intuitif dan fitur-fitur yang lengkap membuatnya mudah di gunakan oleh siapa pun.

Bagaimana Penerapannya?

Software ini telah di gunakan secara luas di berbagai bidang penelitian serta disiplin ilmu. Beberapa contoh penerapannya meliputi:

  1. Analisis Literatur Ilmiah

Menganalisis dan memetakan artikel-artikel relevan dalam bidang tertentu. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tren serta fokus penelitian.

  1. Analisis Data Buku-buku Referensi

Memetakan buku-buku yang sering di kutip dan ko-kutip. Untuk melihat jaringan pengetahuan dalam bidang pustaka tertentu.

  1. Pengelolaan Penelitian Kolaboratif

Membantu para peneliti untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek penelitian ditambah berbagi data serta visualisasi. Sehingga, dengan kemampuannya VOSviewer dapat membantu mengungkap wawasan baru. Bahkan aplikasi VOSviewer dapat menyoroti tren penelitian dan memfasilitasi kolaborasi di dunia ilmu pengetahuan. 

Baca juga:

Metode Var-Gstar (R) Pada Analisa dan Penelitian