fbpx

Model Var-Gstar (R) ini merupakan metode permodelan time series yang memakai lebih dari satu variabel. Kedua model tersebut di anggap sebagai kelompok permodelan linier.

Metode VAR (vector autoregressive) ini ialah salah satu metode yang di pakai untuk proyeksikan sistem dengan memanfaatkan waktu sebagai variabelnya. Sehingga nantinya dapat melakukan analisis mengenai dampak dinamis.

Sementara itu, dampak dinamis tersebut ialah faktor gangguan tang ada dalam sistem variabelnya. Model tersebut juga merupakan alat analisis di mana bisa di pakai mendeskripsikan data serta bentuk forecast reliable.

Umumnya, analisis var ini menyerupai model persamaan simultan, sebab mempertimbangkan sejumlah variabel endogen dengan persamaan simultan biasa. Pada analisis ini melihat pengaruh variabel masa lalu dan di jelaskan masa sekarang.

Kegunaan Model Var-Gstar (R)

Pada umumnya analisis var tersebut mirip persamaan simultan. Hal itu di sebabkan analisis var tersebut mempertimbangkan sejumlah variabel endogen bersamaan dalam satu model meskipun sebenarnya mirip dengan model persamaan biasa.

Metode ini juga bisa di terapkan pada model gstar (generalized space time autoregressive). Di mana merupakan sebuah model yang dapat di pakai untuk atasi data deret di dalam lokasi serta waktu.

Metode var di dalam gstar ini sifatnya juga lebih fleksibel dan sebagai bentuk umum dari model star. Di mana pada model star tidak memberikan syarat untuk nilai parameter yang sama di semua lokasinya.

Model Var-Gstar (R) ini tidak punya prediksi agar bisa di pakai dalam studi kasus dengan memakai data kumulatif. Untuk menerapkan metode ini sendiri juga memanfaatkan runtutan waktu yang berbeda.

Untuk menemukan model serta hubungan di mana sifatnya cukup dinamis dan penerapannya sering kali dipakai untuk data berjumlah banyak. Sementara itu metode Var dalam model Gstar ini juga sangat berguna.

Terutama untuk memodelkan sejumlah keadaan di mana yang berkaitan dengan runtutan waktu. Runtut waktu yang di maksudkan ini bisa dalam harian, bulanan, mingguan, atau tahunan.

Mengenai syarat utama yang harus ada yakni pemanfaatan data serta runtutan waktu terukur. Menerapkan model ini bisa di gunakan untuk menyelesaikan studi dengan data kumulatif.

Beragam data kompleks juga bisa di selesaikan memakai paduan metode tersebut. Metode Var-Gstar (R) ini bisa di gunakan untuk melakukan penelitian serta analisis memakai data khusus.

Baca juga:

Pentingnya Perkiraan Model Zero Inflated Ordered Probit (ZIOP)