fbpx

Setiap mahasiswa tentu menginginkan proses seminar proposalnya berjalan dengan lancar. Akan tetapi ada saja kesalahan yang biasa dilakukan mahasiswa yang berhubungan seminar proposal. Kesalahan-kesalahan ini bisa mengakibatkan masalah bagi mahasiswa itu sendiri.

Lancarnya proses seminar proposal akan membuat langkah mahasiswa ke tahap selanjutnya menjadi lebih ringan. Tentunya mahasiswa tidak ingin dibebani dengan banyaknya revisi atau bahkan presentasi yang harus diulang.

Kesalahan Seminar Proposal yang Sering Dilakukan Mahasiswa

Untuk mengatasi hal itu, Ardon Statistika kali ini akan menjelaskan secara singkat kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh mahasiswa berkaitan dengan seminar proposal.

  • Tidak memahami materi proposal

Salah satu kesalahan besar yang masih banyak ditemui adalah kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi proposal yang telah disusun. Kesalahan ini bisa dibilang cukup fatal karena akan menghambat proses presentasi dan menyulitkan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dari dosen penguji.

Pemahaman yang baik terhadap materi seminar proposal akan membuat mahasiswa lebih percaya diri ketika melakukan presentasi. Selain itu biasanya dosen penguji akan menguji pemahaman mahasiswa terhadap materi proposalnya alih-alih terhadap substansi proposalnya itu sendiri.

  • Kurangnya komunikasi dengan pembimbing sebelum seminar

Komunikasi dengan dosen pembimbing adalah salah satu kunci lancarnya proses pengerjaan skripsi. Dengan komunikasi yang cukup, mahasiswa akan menemukan kemana arah penelitiannya ke depan.

Kurang komunikasi dengan dosen pembimbing bisa menyebabkan miss komunikasi dengan pembimbing terkait arah penelitian. Hal ini tentunya cukup beresiko saat menghadapi seminar proposal.

  • Kejar tayang

Ada mahasiswa yang melakukan seminar skripsi karena kejar tayang. Hal ini membuat mahasiswa tidak dapat mengambil pelajaran dari proses pengerjaannya itu sendiri. Proposal yang dibuat karena kejar tayang tentu akan berbeda dengan proposal yang dibuat dengan hati-hati dan bertahap.

Baca Segera Kajian Teori Penulisan Skripsi Tesis

Metode Analisis Soft Systems Methodology (SSM) untuk Memecahkan Masalah Tertentu

Metode Probit dengan menggunakan perhitungan Marginal Effect

Seminar Proposal yang Sering Dilakukan Mahasiswa

Terlalu terburu-buru untuk melakukan seminar padahal belum menyiapkan hal-hal penting adalah suatu kesalahan yang tidak perlu dilakukan.

  • Slide presentasi yang terlalu panjang

Slide presentasi pada prinsipnya dibuat untuk memudahkan mahasiswa ketika melakukan seminar dan peserta seminar dalam memahami isi dari proposal skripsi. Kesalahan yang biasanya dilakukan adalah konten slide presentasi yang terlalu panjang.

Slide yang terlalu panjang akan membuat peserta presentasi kebingungan. Slide yang terlalu panjang juga bisa menimbulkan kesan bahwa mahasiswa tidak memahami benar materi presentasi yang sedang dilakukan.

  • Tidak melakukan latihan presentasi

Latihan presentasi adalah bagian yang tidak dapat dilepaskan dalam persiapan presentasi seminar. Dengan melakukan latihan mahasiswa akan semakin mengurangi potensi kesalahan yang dilakukan saat seminar proposal.

Mahasiswa bisa melakukan latihan presentasi di depan cermin atau meminta bantuan teman untuk mengoreksi presentasinya. Latihan presentasi yang cukup secara efektif akan meningkatkan performa mahasiswa saat melakukan seminar proposal. Kesalahan-kesalahan yang berhubungan dengan seminar proposal ini sebisa mungkin harus diminimalisir oleh mahasiswa. Artikel ini telah terbit di website resmi Ardon Statistika. Segera hubungi Ardon Statistika untuk mendapatkan solusi terbaik permasalahan statistika kamu