fbpx

Kruskal-Wallis test merupakan alteratif tes untuk data yang tidak berdistribusi normal, tetapi perlu tes one way ANOVA. Anda bisa melakukan tes ini dengan mudah di aplikasi GraphPad Prism. Aplikasi ini adalah aplikasi statistik yang sama dengan aplikasi SPSS sehingga Anda tidak perlu ragu menggunakan GraphPad Prism.

Beginilah Kruskal-Wallis Test dengan Aplikasi GraphPad Prism

Untuk melakukan tes menggunakan GraphPad Prism, caranya sangat mudah dan cepat sekali. Bagi Anda yang masih belum pernah menggunakan GraphPad Prism pun tidak akan kesulitan dan kebingungan untuk mengoperasikannya.

Di bawah inilah tahapan untuk melakukan tes Kruskal-Wallis menggunakan aplikasi GraphPad Prism. Silakan Anda simak dengan baik agar tes Anda dapat menunjukkan hasil yang valid dan benar.

Input Data ke GraphPad Prism

Pertama-tama, Anda bisa membuka terlebih dahulu aplikasi GraphPad Prism di laptop atau PC Anda. Anda akan disambut oleh jendela Welcome dan pilihlah one way ANOVA lalu tekan Create. Selanjutnya, Anda bisa menginput data sesuai yang Anda butuhkan pada Kruskal-Wallis test.

Mengecek Normalitas Data

Untuk memastikan kebenaran pilihan menggunakan Kruskal-Wallis, Anda bisa mengecek normalitas data terlebih dahulu. Pada side bar kiri aplikasi GraphPad Prism Anda bisa melihat pilihan Normality and Lognormality Test di bawah drop down Results.

Anda hanya perlu mengekliknya dan melihat seperti apa hasil uji normalitasnya. Bila data terbukti tidak normal, maka Anda dapat melanjutkan tes Kruskall-Wallis.

Uji Kruskal-Wallis

Silakan melihat tab di atas dan pilihlah Analyze atau mengeklik New Analysis di bawah drop down Results. Pilih one way ANOVA pada kolom kiri dan centang data yang akan Anda uji menggunakan Kruskal-Wallis. GraphPad Pris akan menampilkan jendela pilihan lebih lanjut mengenai uji ANOVA tersebut.

Pada tab Experimental Design di bagian Assume Gaussian distribution pilihlah No. Use nonparametric test. Selanjutnya, beralih ke Multiple Comparissons dan pilih pilihan yang kedua dan tekan OK. Hasil tes Kruskal-Wallis akan tampil dan Anda hanya perlu menganalisis hasil tes tersebut.

Itulah tutorial lengkap cara menggunakan GraphPad Prism untuk melakukan Kruskal-Wallis test. Anda tentunya sudah tidak bingung lagi untuk mengoperasikan aplikasi GraphPad Prism, bukan?

Baca juga:

Sivitas Akademika Kesehatan, Wajib Paham Apa Itu Kurva Dosis-Respon