fbpx

Istilah spektrum masa tentunya sudah tidak asing lagi bagi para ilmuwan atau ahli kimia. Seperti namanya, hal ini akan berhubungan dengan atom atau senyawa kimia yang mungkin salah satunya sudah Anda ketahui. Sedangkan untuk kebutuhan tertentu, seorang ilmuwan atau ahli kimia akan membutuhkan spektrum masa dari suatu atom atau senyawa. Nah, informasi ini bisa Anda dapatkan dari database referensi spektrum masa.

Inilah Cara Menggunakan Database Referensi Spektrum Masa

Agar bisa mendapatkan informasi spektrum masa yang Anda butuhkan, Anda tentu harus mengetahui bagaimana cara mengakses database tersebut. Terlebih, pemahaman mengenai cara akses ini juga menghindarkan Anda dari kemungkinan kesalahan penggunaan database yang tentunya berakibat fatal nantinya.

Di bawah ini merupakan uraian singkat mengenai panduan menggunakan database referensi spektrum masa yang bisa Anda ketahui.

Informasi Senyawa atau Atom

Karena Anda akan melihat spektrum masa suatu zat, maka Anda harus tahu zat apa yang akan Anda uji tersebut. Baik itu senyawa maupun atom, Anda harus mengetahui nama produk atau zat yang akan Anda lihat spektrum masanya.

Dapatkan informasi lengkap terkait zat atau atom yang akan Anda baca spektrum masanya. Selain itu pastikan mendapatkan informasi selengkap mungkin untuk memberikan pembeda dengan customer lain. Hal ini penting untuk mengenali produknya satu sama lain.

Mengakses Situs NIST

Silakan membuka situs NIST yang merupakan situs database melalui posel atau laptop Anda. Di situs tersebut Anda akan mendapatkan banyak pilihan untuk mengakses berbagai database dari NIST itu sendiri. Alamat situs dari NIST yang dapat Anda kunjungi, webbook.nist.gov/chemistry 

Mencari Referensi Spektrum Masa di NIST

Pada bagian tab ‘Search’, klik dan tentukan kategori pencarian yang Anda butuhkan. Dropdown menu akan muncul dan Anda bisa memilih informasi nama atau sebutan zat yang akan Anda uji.

Setelah proses input nama selesai, Anda akan diarahkan ke situs  bahasan produk tersebut. Silakan scoll down untuk mencari pilihan Mass Spectrum. Tak lama kemudian situs akan menampilkan spektrum masa yang Anda butuhkan.

Demikianlah penjelasan mengenai tutorial untuk melakukan pengecekan pada database referensi spektrum masa. Anda pastinya sudah tidak bingung-bingung lagi dan bisa mencari tahu informasi di database itu sendirian, bukan?

Baca juga:

Rekomendasi Website untuk Mencari Data Penelitian