fbpx

Source pict : Pinterest-Fernando Calderón

Penelitian berbasis teknologi ramah lingkungan saat ini memang sedang gencar dilakukan. Salah satu yang bisa dijadikan topik penelitian adalah teknologi ramah lingkungan. Tren dan istilah “back to nature” tidak pernah mati dan selalu menjadi perhatian dunia ditengah maraknya isu pemanasan global dan perubahan iklim. Salah satu obyek penelitian yang bisa dijadikan acuan adalah bangunan berbasis teknologi ramah lingkungan. Salah satu yang paling menonjol di dunia saat ini adalah Sun Moon Mansion di China.

Sun-Moon Mansion adalah struktur bengunan panel surya terbesar di dunia pada tahun 2012 yang terletak di Dezhou, China. Gedung ini menyediakan ruang konferensi utama untuk Konferensi Internasional. Bangunan ini meliputi area seluas 750.000 m². Atap bangunan yang terlihat seperti kipas, ditutupi dengan sekitar 5.000 m2 panel surya, dirancang untuk menggabungkan hotel, pusat pameran, fasilitas penelitian, ruang pertemuan, dan ruang konferensi. Sun-Moon Mansion menjadi gedung yang memproduksi energi surya terbesar di dunia untuk saat ini.

Gedung ini memperoleh 95% kebutuhan energinya dari sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Pemasangan panel surya seluas 5.000 meter persegi di seluruh kompleks bangunan dapat menghemat sekitar 2,5 ton batu bara, yang setara dengan 6,6 juta kWh listrik, dan mengurangi lebih dari 8,6 ton emisi karbon. Arsitektur bangunan ini menyimpan beberapa inovasi hemat energi seperti dinding canggih eksterior putih dan atap panel surya yang membantu memangkas 30% konsumsi energi.

Pemerintah China mempunya rencana untuk meggunakan teknologi yang dapat terbarukan untuk mencegah kelangkaan yang bisa terjadi pada sumber energi yang ramah lingkungan.

Teknologi ramah lingkungan dalam tataran operasional banyak digunakan untuk menanggulangi isu-isu lingkungan hidup oleh perusahaan sebagai bagian dalam strategi menghadapi perubahan iklim global. Bingung dengan topik penelitian apa yang akan menjadi skripsi kamu, jangan ragu untuk konsultasi dengan kami ya