fbpx

Inilah Sang Penemu Metode RSM Permukaan Respon! – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini terdapat banyak sekali jenis metodologi penelitian yang ada di dunia. Hal ini sangatlah wajar, pasalnya ada banyak hal yang harus diteliti dan pada setiap penelitian tersebut tentunya membutuhkan metode-metode tersendiri, sesuai dengan objek yang diteliti.

Salah satu contoh dari metode penelitian yang ada di dunia yaitu metode RSM. Metode yang satu ini juga merupakan bagian dari ilmu statistika dan pendekatan kuantitatif. Untuk lebih jelasnya, maka di bawah ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai metode RSM permukaan respon ini.

Definisi RSM (Response Surface Method)

https://slideplayer.info/slide/4877836/

Response Surface Method (RSM) merupakan sebuah strategi percobaan yang nantinya akan berguna apabila respon dipengaruhi beberapa faktor dan tujuan percobaan tersebut adalah untuk mencari respon optimum dengan cara mencari tempuhan titik tengah dan tumbuhan dengan bintang.

Response Surface methodology juga diartikan sebagai sebuah metode gabungan antara teknik matematika dengan teknik statistik yang nantinya akan digunakan untuk membuat model dan untuk menganalisa suatu respon Y yang dipengaruhi oleh beberapa variabel x dengan tujuan untuk mengoptimalkan respon.

Menggunakan metode RSM permukaan respon ini akan berfungsi untuk bisa mengembangkan mengoptimasi dan meningkatkan proses penentuan formula aktif ini sangatlah penting terutama dalam bidang rancangan pengembangan dan perumusan produk baru, serta pada peningkatan rancangan produk yang sudah ada.

RSM memiliki kegunaan yang sangat luas di dunia, biasanya akan digunakan dalam dunia industri, biologi, ilmu sosial, ilmu klinik, ilmu pangan, ilmu pengetahuan teknik dan fisik serta masih banyak lagi.

Penemu RSM (Response Surface Method)

Melihat kegunaan dari response surface methodology yang sangat banyak, khususnya dalam dunia ilmu pengetahuan. Tentunya semua penasaran siapa sosok dibalik penemuan dari metode RSM ini. Diketahui bahwa menurut Hill dan Hunter menyatakan bahwa orang yang berhasil menemukan metode RSM ini yaitu G.E.P. Box dan Wilson. Metode ini ditemukan pada tahun 1951 lalu.

Model RSM (Response Surface Method)

Adapun beberapa model dari  metode RSM permukaan respon  adalah sebagai berikut.

1. Model Orde Pertama

Langkah pertama dari respon Surface method ini yaitu menemukan fungsi pendekatan yang tepat agar bisa melihat hubungan antara respon y dan X dengan menggunakan persamaan polinomial orde pertama.

2. Model Orde Kedua

Jika memang hubungan tersebut tidak linier maka fungsi dari polinomial dengan orang yang lebih tinggi akan digunakan seperti fungsi polinomial orde kedua.

Itulah tadi informasi seputar metode RSM permukaan respon yang harus Anda ketahui jika memang ingin menggunakan metode ini dalam sebuah penelitian yang sedang Anda lakukan. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa metode ini merupakan bagian dari ilmu statistik dan pendekatan kuantitatif, maka bisa dipastikan bahwa metode yang satu ini sangat erat kaitanya dengan angka.

Sumber:

Riza Trihaditia dkk, PENENTUAN FORMULASI OPTIMUM PEMBUATAN COOKIES DARI BEKATUL PADI PANDANWANGI DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG TERIGU MENGGUNAKAN METODE RSM (Response Surface Method), Agroscience Vol 8 No. 2 Tahun 2018 ISSN Cetak: 1979-4661 e-ISSN: 2579-7891

SELMA WIDAYANTI, APLIKASI RESPONSE SURFACE METHODOLOGY (RSM) UNTUK MENINGKATKAN KUAT TEKAN PAVING BLOCK DENGAN CAMPURAN ABU SEKAM PADI The Application of Response Surface Methodology (RSM) to Increase The Compressive Strength of The Paving Block with a Mixture of Rice Husk Ash, JURUSAN TEKNIK SIPIL, FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS MATARAM, Juli 2018