fbpx

Data merupakan salah satu komponen penting dalam suatu riset atau penelitian. Data adalah sekumpulan fakta yang peneliti temukan saat melakukan kegiatan pengamatan atau penelitian. Keberadaan data berguna bagi peneliti untuk dapat menarik kesimpulan penelitian.

Data terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sifatnya, sumbernya, serta waktu pengambilannya. Pembagian jenis data yang paling umum adalah berdasarkan sifatnya. Jenis data berdasarkan sifatnya terbagi menjadi data kuantitatif dan data kualitatif.

Data kuantitatif umumnya memiliki bentuk angka atau numerik. Sedangkan data kualitatif berbentuk data verbal atau narasi tulisan yang merupakan hasil dari penjabaran dan pendeskripsian data. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara data kuantitatif dan data kualitatif.

Pengertian data kuantitatif dan data kualitatif

Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa data kuantitatif dan data kualitatif memiliki sifat yang berbeda. Berikut ini masing-masing perbedaan kedua jenis data tersebut.

  1. Data kuantitatif

Data kuantitatif merupakan jenis data yang bisa peneliti ukur dan hitung dengan persamaan statistik. Data ini menjelaskan fenomena yang sudah ada instrumen ukurnya. Data kuantitatif umumnya peneliti gunakan pada penelitian yang bersifat statistik.

Peneliti bisa mengambil kesimpulan penelitian dari data ini dengan menggunakan analisis data statistik. Data kuantitatif memiliki nilai yang mutlak, jelas, dan terukur dengan angka. Penggunaan data jenis ini sangat minim pengaruh dari subjektivitas peneliti.

  • Data kualitatif

Berbeda dengan data kuantitatif yang berbentuk angka, data kualitatif memiliki bentuk naratif. Data kualitatif adalah jenis data penelitian yang menjelaskan suatu fenomena yang tiba dihitung atau dijelaskan secara matematis. Alih-alih menjelaskan kuantitas, data jenis ini lebih banyak menjelaskan tentang kualitas suatu objek atau fenomena.

Data kuantitatif biasanya peneliti jelaskan dengan penjelasan deskriptif. Penjelasan yang diberikan oleh jenis data ini biasanya lebih detail. Meskipun begitu data ini seringkali bersifat relatif karena mengandung unsur subjektivitas yang lebih besar daripada data kuantitatif.

Perbedaan data kuantitatif dan data kualitatif

Selain jenisnya yang berbeda, data kuantitatif dan data kualitatif juga memiliki perbedaan pada penggunaannya. Karenanya seorang peneliti harus menguasai kedua jenis ini agar bisa memahami penggunaannya dalam penelitian.

Perbedaan pertama terletak pada metode penelitian yang peneliti gunakan. Data kuantitatif merupakan data yang peneliti gunakan untuk metode penelitian kuantitatif. Penelitian jenis ini merupakan penelitian yang menggunakan cara berpikir deduktif.

Sedangkan data kualitatif merupakan jenis data kualitatif merupakan jenis data yang peneliti gunakan dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan proses berpikir induktif atau pengambilan kesimpulan umum dari premis-premis khusus.

Perbedaan selanjutnya adalah pada objek penelitian. Data kuantitatif peneliti gunakan ketika peneliti ingin fokus pada satu objek penelitian tertentu. Sedangkan data kualitatif peneliti gunakan dalam penelitian yang mencoba menguraikan semua fenomena yang berkaitan dengan objek penelitian.