fbpx

Kegiatan riset atau penelitian merupakan salah satu jenis kegiatan yang sangat dekat dengan data. Data dalam penelitian merupakan bahan baku bagi peneliti untuk mendapatkan informasi penting dalam penelitian. Melalui data penelitian, seorang peneliti bisa melihat objek penelitian secara lebih spesifik dan objektif.

Sebagai peneliti, pengetahuan tentang data merupakan pengetahuan yang wajib dikuasai. Fakta empiris dalam data penelitian merupakan bahan yang akan peneliti gunakan untuk mendapatkan kesimpulan penelitian. Karenanya, jika peneliti tidak memahami tentang data penelitian penelitian, maka akan sulit bagi peneliti untuk bisa menyelesaikan kegiatan penelitiannya.

Artikel ini akan membahas jenis data penelitian secara singkat. Pemahaman tentang jenis data ini akan memudahkan peneliti dalam kegiatan penelitian.

Apa itu data penelitian?

Sebelum membahas tentang jenis data penelitian, akan lebih baik jika peneliti sudah mampu mengidentifikasi apa yang dimaksud dengan data dalam penelitian.

Tampilkan Pos

Data penelitian menurut KBBI adalah keterangan atau bahan yang bisa dijadikan sebagai dasar kajian atau analisis data penelitian dan simpulan dalam suatu penelitian.

Pengertian lain dari data dalam penelitian yaitu data merupakan informasi faktual yang peneliti gunakan sebagai dasar dalam melakukan penalaran, diskusi, atau perhitungan dalam penelitian. Data terdiri dari kenyataan di lapangan yang belum tercampur dengan interpretasi atau penafsiran tertentu.

Data penelitian juga bisa didefinisikan sebagai fakta dari suatu objek pengamatan yang bisa berbentuk angka maupun kata-kata. Data merupakan bahan untuk menarik kesimpulan suatu penelitian.

Jenis-jenis data penelitian

Klasifikasi data penelitian terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sumbernya, sifatnya, dan waktu pengumpulannya.

  1. Data berdasarkan sumbernya

Jenis data berdasarkan sumbernya terbagi menjadi data primer dan data sekunder. Data primer merupakan jenis data yang peneliti dapatkan dari sumbernya secara langsung. Artinya peneliti mengumpulkan data primer langsung dari objek atau subjek penelitian dengan teknik wawancara, observasi, FGD, atau penyebaran.

Sedangkan data sekunder merupakan jenis data penelitian yang peneliti dapatkan tidak secara langsung. Data sekunder biasanya peneliti dapatkan dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Sumber data sekunder bisa dari jurnal, paper, koran, buku, maupun laporan.

  • Data berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, jenis data penelitian terbagi menjadi data kualitatif dan data kuantitatif.

Data kualitatif adalah jenis data yang tidak berbentuk angka. Peneliti bisa mengumpulkan data kualitatif melalui wawancara, analisis dokumen, observasi, atau dokumentasi. Data kualitatif meskipun tidak berbentuk angka bukan berarti data ini tidak bisa peneliti analisis dengan metode statistik.

Sedangkan data kuantitatif merupakan jenis data penelitian yang berbentuk angka. Data kuantitatif merupakan jenis data yang bisa diolah dengan pendekatan statistik atau dengan persamaan matematis.

  • Berdasarkan waktu pengumpulannya

Berdasarkan waktu pengumpulannya data terbagi menjadi data berkala dan data cross section. Data berkala merupakan jenis data yang peneliti kumpulkan secara berkala dari waktu ke waktu. Sedangkan data cross section merupakan jenis data yang peneliti kumpulkan pada satu waktu tertentu untuk mendapatkan gambaran keadaan pada waktu itu. Itulah uraian singkat tentang jenis data penelitian. Jika kamu memiliki informasi lain tentang data penelitian kamu bisa menuliskannya di kolom komentar.