fbpx

Analisis data merupakan kegiatan yang tidak asin bagi seorang peneliti. Analisis data bisa peneliti lakukan setelah peneliti berhasil mengumpulkan data-data penelitian.

Setelah data penelitian terkumpul, peneliti akan menyeleksi data-data yang berguna dalam penelitiannya. Data-data yang tidak berguna akan peneliti eliminasi sehingga data yang tersisa hanyalah data-data yang benar-benar peneliti butuhkan dalam penelitian.

Proses analisis data merupakan salah satu kunci dalam suatu penelitian. Proses ini menggunakan teknik tertentu sehingga peneliti bisa mengambil kesimpulan penelitian dengan lebih mudah. Artikel ini akan membahas secara singkat tentang analisis data mulai dari pengertian, jenis, sampai tujuan analisis data.

Pengertian analisis data

Analisis data merupakan upaya yang peneliti lakukan dalam mengubah data menjadi informasi baru dengan karakteristik yang lebih mudah dibaca dan dipahami sehingga bisa menjadi pemecahan masalah dalam m=penelitian. Definisi lain menyatakan bahwa analisis data merupakan kegiatan yang peneliti lakukan untuk mengubah data penelitian menjadi informasi untuk mengambil kesimpulan penelitian.

Taylor (1975) menyatakan bahwa analisis data merupakan suatu proses yang merinci usaha secara formal dalam menemukan tema serta merumuskan hipotesis penelitian. Sementara itu, Moleong (2002) mendefinisikan analisis data sebagai proses mengatur urutan data mengorganisasikannya ke dalam sebuah pola, kategori, serta juga satuan uraian dasar.

Jenis analisis data

Analisis data terbagi menjadi dua jenis yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial.

Analisis data secara deskriptif merupakan teknik analisis yang peneliti lakukan dengan cara membuat gambaran data tanpa melakukan generalisasi dari data yang telah peneliti kumpulkan. Penyajian data dalam analisis deskriptif bisa berbentuk tabel, grafik, frekuensi, presentasi, diagram, atau bentuk-bentuk penyajian data lain.

Sedangkan analisis data secara inferensial merupakan analisis data yang peneliti gunakan dengan metode statistik dimana peneliti akan membuat kesimpulan secara umum. Analisis jenis ini menggunakan persamaan matematis tertentu. Hasilnya merupakan generalisasi dari suatu sampel yang mewakili populasi tertentu.

Tujuan analisis data

Proses analisis data tentunya menyimpan tujuan tertentu yang peneliti sematkan di dalam penelitian. Peneliti akan melakukan analisis data sesuai dengan desain penelitiannya. Analisis data bisa peneliti lakukan ketika poin-poin penelitian telah terpenuhi.

Ada beberapa tujuan yang bisa peneliti sisipkan pada kegiatan analisis data yaitu:

  1. Analisis data untuk mendapatkan solusi atas suatu permasalahan
  2. Menjadi dasar atas pengambilan suatu keputusan
  3. Sebagai bahan evaluasi untuk memberikan rekomendasi yang relevan
  4. Sebagai dasar atas rancangan program
  5. Sebagai dasar untuk menarik kesimpulan suatu penelitian

Itulah uraian singkat tentang pengertian, jenis, dan tujuan analisis data yang bisa penulis rangkum.