fbpx

Salah satu bagian penting dalam suatu penelitian adalah pengolahan data penelitian. Proses ini akan mengubah sekumpulan data yang tadinya tidak memiliki makna apa-apa bisa menjadi sumber informasi penelitian. Pada prosesnya peneliti akan mengolah data sedemikian rupa sehingga bisa menjadi informasi untuk memecahkan masalah dalam penelitian.

Pada proses ini peneliti juga akan melakukan manipulasi data. Banyaknya data yang peneliti dapatkan dari berbagai sumber akan bermuara pada wawasan untuk menyelesaikan penelitian. Untuk mendapatkan wawasan yang bermakna peneliti harus mengikuti prosedur-prosedur dalam mengolah data penelitian.

Pengertian pengolahan data penelitian

Pengolahan data penelitian merupakan proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang berguna bagi penelitian. Pengolahan data ini bisa peneliti gunakan untuk memperkuat atau menyangkal suatu teori yang sudah mapan, menjadi dasar pembuatan kebijakan atau sebagai pertimbangan dalam membuat keputusan bisnis. Pada penelitian di ranah akademisi, pengolahan data penelitian merupakan satu ruang kajian akademik keilmuan yang bisa diakui kebenarannya.

Proses pengolahan data ini adalah proses dimana peneliti akan mengubah data kualitatif atau data kuantitatif dari suatu penelitian menjadi bentuk yang lebih bisa dipahami. Pengolahan data akan memberikan konteks pada data yang telah peneliti kumpulkan.

Langkah-langkah pengolahan data penelitian

Ada enam langkah yang bisa peneliti lakukan dalam proses pengolahan data penelitian. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Mengumpulkan data

Langkah paling awal dalam pengolahan data adalah mengumpulkan data penelitian. Peneliti bisa mengumpulkan data penelitian dengan berbagai teknik pengumpulan data. Cara yang paling sering peneliti gunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah dengan menggunakan metode survey.

  • Menyiapkan data

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan data penelitian. Proses ini peneliti lakukan untuk menghilangkan data yang tidak lengkap, data yang tidak konsisten, dan melakukan pembersihan data. Langkah ini terbilang cukup penting karena jika peneliti tidak menyiapkan datanya terlebih dahulu bukan tidak mungkin penelitian yang dilakukan tidak akan menghasilkan apa-apa.

  • Memasukkan data

Setelah data peneliti siapkan, langkah selanjutnya adalah memasukkan data ke dalam format yang lebih mudah dibaca sesuai dengan kebutuhan penelitian. Proses ini cukup penting karena data tersebut kemudian akan peneliti masukkan ke dalam sistem yang kompatibel dengan pengelolaan data penelitian.

  • Memproses data

Setelah data masuk ke dalam sistem, maka langkah selanjutnya adalah memproses data penelitian. Pada tahap pemrosesan data penelitian peneliti bisa menyesuaikan tahap ini dengan jenis data yang ada, kebutuhan penelitian, waktu penelitian, serta beberapa pertimbangan lain.

  • Output data

Setelah masuk ke dalam pemrosesan data, data penelitian akan berubah menjadi informasi atau wawasan penelitian. Output dari pemrosesan data dapat berupa grafik, tabel, laporan, atau format lain sesuai dengan kebutuhan penelitian.

  • Mengambil kesimpulan

Tahap terakhir dalam pengolahan data penelitian adalah mengambil kesimpulan penelitian. Peneliti tentunya harus menyesuaikan kesimpulan penelitian dengan rumusan masalah yang telah peneliti susun sebelumnya. Setelah mendapatkan kesimpulan peneliti bisa membuat arsip data penelitian untuk menyimpan data penelitian.

Itulah langkah-langkah dalam pengolahan data penelitian. Proses ini berlaku juga bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan penelitian skripsi, tesis, maupun disertasi.