fbpx

Dewasa ini, data memegang peranan yang cukup vital dalam kehidupan manusia. Data mendukung aktivitas manusia dari berbagai ranah. Ranah pendidikan misalnya, menggunakan data sebagai salah satu komponen utama ketika melakukan riset atau penelitian.

Penggunaan data dalam penelitian tentunya juga melibatkan proses analisis data. Aktivitas ini merupakan proses mengolah data menjadi informasi baru yang bermanfaat. Tujuannya adalah agar data bisa tampil sebagai suatu informasi yang mudah dipahami.

Analisis data membutuhkan teknik tertentu. Artikel kali ini akan membahas tentang macam-macam teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian.

  • Macam-macam teknik analisis data

Teknik analisis data secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Semua metode analisis data yang ada memiliki dasar dari pembagian tersebut.

  • Teknik analisis data kuantitatif

Analisis data kuantitatif merupakan teknik pengolahan data dimana data yang peneliti gunakan merupakan data kuantitatif atau data numerik. Teknik analisis ini lebih fokus pada kuantitas daripada pendapat dari responden.

Analisis data kuantitatif biasanya melibatkan perhitungan-perhitungan statistik. Data jenis ini bisa peneliti kumpulkan dengan menggunakan survei, kuesioner, arsip data, maupun cara-cara lain. Teknik analisis data kuantitatif terbagi menjadi analisis deskriptif dan analisis inferensial.

Analisis data deskriptif kuantitatif merupakan analisis yang dilakukan dengan cara membuat gambaran atau deskripsi data-data penelitian secara alamiah. Deskripsi pada penelitian ini adalah gambaran data-data disertai dengan deskripsi data tersebut.

Teknik analisis data kuantitatif selanjutnya menggunakan statistik inferensial. Teknik ini dilakukan dengan menarik kesimpulan mengenai suatu variabel yang diteliti untuk kemudian digeneralisasi. Teknik ini peneliti lakukan untuk mendapatkan kesimpulan general dari data sampel.

  • Teknik analisis data kualitatif

Jenis analisis ini merupakan analisis yang peneliti lakukan pada jenis data non-numerik. Data ini biasanya diambil dari sumber berupa rekaman, catatan, tinjauan kepustakaan, wawancara, serta partisipasi. Analisis kualitatif terbagi menjadi tiga yaitu analisis konten, analisis wacana, serta analisis naratif.

Analisis konten atau content analysis merupakan salah satu teknik paling penting dalam studi ilmu sosial. Teknik ini merupakan usaha untuk melakukan analisis data-data pada konteks tertentu yang berkaitan dengan individu kelompok maupun atribut sosialnya.

Baca Juga

Pengaplikasian Metode Simplex lattice design

Apa Itu R Shiny? Aplikasi R Shiny Olah Data Penelitian Skripsi Tesis Disertasi

Analisis wacana merupakan teknik yang bertujuan untuk melakukan analisis wacana antar individu dalam suatu konteks tertentu. Analisis wacana biasanya digunakan pada beberapa sumber data seperti pidato, percakapan, bahasa, tulisan, dan sumber-sumber lain.

Analisis naratif memiliki tujuan untuk meneliti suatu deskripsi dari fenomena atau peristiwa yang terjadi untuk kemudian peneliti sajikan dalam bentuk cerita. Teknik ini biasanya peneliti gunakan untuk membuat biografi.Macam-macam teknik analisis data bisa peneliti gunakan sesuai dengan tema dan tujuan penelitian. Memilih teknik yang tepat adalah salah satu kunci berhasilnya suatu penelitian