fbpx

Seminar proposal yang berjalan dengan baik tentunya merupakan hal yang diinginkan oleh mahasiswa akhir. Pada momen seminar proposal, mahasiswa akan diuji bagaimana ia menjelaskan rencana penelitiannya. Jika gagal pada tahap ini bisa saja mahasiswa akan dibebani revisi yang bertumpuk setelah seminar selesai.

Karena hal inilah penting bagi mahasiswa untuk melakukan seminar proposal seefektif mungkin. Terlebih waktu yang diberikan untuk melakukan presentasi biasanya sangat terbatas. Jika tidak mampu melakukan presentasi secara efektif, maka impian seminar proposal yang berjalan dengan mulus akan sulit diwujudkan.

Cara Seminar Proposal yang Efektif

Pada artikel kali ini Magna Statistika akan menjelaskan bagaimana cara melakukan seminar proposal yang efektif.

  • Mengenali audiens seminar proposal

Sebelum melaksanakan presentasi seminar proposal ada baiknya mahasiswa terlebih dahulu mengidentifikasi siapa saja audiens yang akan menghadiri proses seminarnya. Pengenalan ini menjadi penting karena dengan mengetahui audiens mahasiswa akan lebih mudah untuk melakukan presentasi.

Jika ternyata audiens yang datang adalah teman sekelas dan dosen mata kuliah mungkin akan lebih memudahkan mahasiswa saat melakukan presentasi. Akan tetapi jika audiens yang datang ada dari mahasiswa atau dosen luar, maka akan lebih baik jika mahasiswa melakukan persiapan lebih banyak lagi.

  • Latihan presentasi

Latihan presentasi juga akan membantu mahasiswa melakukan presentasi secara efektif. Latihan ini bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan teman. Mintalah masukan kepada teman tentang presentasi yang akan ditampilkan.

Latihan ini juga bisa dibuat sebagai simulasi berjalannya seminar proposal sebelum seminar proposal yang sebenarnya dilakukan. Tentukan estimasi waktu presentasi sesuai dengan aturan dalam seminar proposal. Selain itu uat juga simulasi pertanyaan yang mungkin ditanyakan penguji beserta cara menjawabnya.

  • Membuat catatan kecil

Catatan kecil akan bermanfaat bagi mahasiswa saat melakukan seminar proposal. Catatan kecil ini bisa diisi dengan hal-hal penting yang berhubungan dengan proposal skripsi.

Mahasiswa juga bisa menyiapkan kertas kosong saat presentasi untuk mencatat poin-poin penting dari pertanyaan penguji serta koreksi-koreksi yang diberikan oleh penguji.

Baca Juga Kajian Membuat Skripsi Tesis Disertasi

Serba-serbi Metode ARDL Autoregressive Distributed Lag yang Perlu Diketahui

Pengaplikasian Metode Simplex lattice design

Ini Judul Skripsi Teknik Elektro yang Bisa Dijadikan Referensi

Tips untuk Mahasiswa Akhir

  • Slide presentasi yang komunikatif

Slide presentasi merupakan salah satu komponen penting yang akan menunjang penampilan mahasiswa saat seminar proposal. Agar presentasi seminar proposal bisa dilakukan seefektif mungkin, buatlah slide presentasi yang menarik dan komunikatif.

Slide presentasi yang menarik dipadukan dengan penyampaian materi yang jelas akan menjadikan presentasi mahasiswa lebih mengesankan. Sebaliknya penyampaian yang baik tapi tidak ditunjang dengan slide presentasi yang menarik akan mengurangi nilai presentasi seminar proposal mahasiswa.

  •  Penampilan dan bahasa tubuh

Penampilan yang bersih dan rapi saat seminar proposal akan meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa. Hindari untuk menggunakan aksesoris yang berlebihan apalagi yang dilarang oleh universitas.

Selain penampilan pakaian, gestur tubuh juga akan menunjang presentasi seminar proposal yang efektif. Pelajari cara berdiri dan cara menatap audiens dengan benar. Selain itu latih juga gerakan-gerakan tubuh saat melakukan presentasi seminar proposal. Itulah cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mempresentasikan proposal skripsi secara efektif. Artikel ini telah terbit di website resmi Ardon Statistika. Segera hubungi Ardon Statistika untuk mendapatkan solusi terbaik permasalahan statistika kamu