fbpx

Seminar proposal skripsi adalah presentasi yang dilakukan mahasiswa untuk menjelaskan rencana penelitian yang akan dilakukannya. Momen ini merupakan salah satu momen yang cukup menegangkan.

Meskipun begitu, berhasil melewati seminar proposal merupakan satu pencapaian besar dalam proses pengerjaan skripsi. Setelah melaksanakan seminar proposal dan menyelesaikan semua poin-poin revisi mahasiswa bisa melanjutkan tahap pengerjaan skripsinya ke tahap penelitian.

Nah, walaupun proposal yang disusun telah mendapatkan persetujuan dari dosen penguji, hal itu tidak berarti proposal yang disusun bebas dari revisi.

Hal -hal yang Harus Disiapkan Sebelum Seminar Proposal

Berikut ini beberapa hal yang harus disiapkan sebelum menghadapi seminar proposal.

  • Pemahaman materi seminar proposal

Persiapan yang paling utama dalam seminar proposal adalah materi seminar. Materi ini meliputi objek penelitian, permasalahan penelitian, tujuan serta manfaat penelitian, serta landasan teori yang digunakan dalam penelitian.

Selain itu mahasiswa juga harus mempersiapkan pemahamannya tentang metode penelitian yang digunakan serta alasan mengapa metode tersebut yang dipakai. Hal ini karena metode penelitian merupakan salah satu objek yang banyak dieksploitasi oleh dosen penguji saat seminar proposal.

Tidak memahami materi dan metode penelitian merupakan satu kesalah fatal dalam melakukan seminar proposal.

  • Pemahaman latar belakang penelitian

Hal yang harus disiapkan berikutnya adalah memastikan bahwa proposal yang dibuat berangkat dari permasalahan atau kebutuhan yang perlu dikaji. Mahasiswa harus menunjukkan bahwa penelitian yang akan dilakukan benar-benar penting untuk dilakukan.

Latar belakang yang kuat akan membantu memudahkan mahasiswa saat melakukan seminar proposal.

  • Format penulisan

Format penulisan juga merupakan satu hal penting yang harus disiapkan oleh mahasiswa sebelum mengikuti seminar proposal. Pastikan bahwa draft proposal yang telah dibuat sudah sesuai dengan EYD dan menggunakan format kertas, jenis huruf, besar spasi, dan margin yang sesuai dengan aturan kampus.

Baca Juga Referensi Sebelum Seminar Proposal Sempro kamu.

Mengenal Jenis jenis Data yang Penting dalam Penelitian

Ketahui Dulu Cara Menentukan Besar Sampel Sebelum Membuat Penelitian

Kegiatan Sebelum Sempro Skripsi Tesis

Tidak menutup kemungkinan penguji akan mempermasalahkan format penulisan yang tidak sesuai. Tentunya mahasiswa tidak ingin dikritik habis-habisan hanya karena keliru dalam menerapkan format penulisan dan penggunaan bahasa yang tidak tepat.

  • Mengetahui format seminar proposal

Seminar proposal memiliki beberapa tahapan. Di awal biasanya pembukaan yang akan dipimpin oleh ketua sidang, kemudian sesi seminar proposal akan dilanjutkan dengan prestasi dari mahasiswa, selanjutnya sesi tanya-jawab dengan peserta sidang, lalu mahasiswa juga akan menghadapi sesi tanya-jawab dengan pengujian sebelum sesi seminar proposal ditutup.

Selain format umum, mahasiswa juga harus memahami kebutuhan teknis apa saja yang harus disiapkan saat seminar proposal seperti laptop, HDMI, hard file draft seminar, serta hal-hal teknis lainnya.

  • Slide presentasi yang jelas dan menarik

Slide seminar proposal juga merupakan satu bagian yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Membuat slide presentasi yang jelas dan menarik akan menunjang proses presentasi. Sebelum melakukan seminar proposal pastikan bahwa slide presentasi yang dibuat sudah sesuai aturan dan memuat semua poin penting yang ada di proposal. Itulah beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan seminar proposal skripsi. Artikel ini telah terbit di website resmi Ardon Statistika. Ardon Statistika merupakan penyedia jasa layanan statistik yang terpercaya dan dapat diandalkan.