fbpx

Seminar proposal adalah ujian pertama mahasiswa saat mengerjakan skripsi. Momen seminar proposal ini akan menentukan apakah mahasiswa bisa melanjutkan proses pengerjaan skripsinya atau tidak.

Menunggu di saat-saat terakhir menjelang seminar proposal seringkali menjadi momen yang mendebarkan bagi mahasiswa. Bagaimana tidak, jika gagal di momen ini bisa saja proposal yang telah susah payah dikerjakan harus mendapatkan banyak revisi atau bahkan dirombak total.

Karena itulah momen seminar proposal merupakan salah satu momen yang harus dipersiapkan dengan matang. Persiapan yang matang akan membuat mahasiswa lebih percaya diri dalam menghadapi seminar proposal.

Apa itu seminar proposal skripsi

Seminar proposal skripsi atau yang biasanya disebut dengan sempro adalah momen dimana mahasiswa harus mempresentasikan rencana skripsi yang sedang dikerjakan. Pada seminar proposal, dosen penguji dan pembimbing akan diundang untuk memberikan masukan terhadap rencana penelitian yang akan dilakukan.

Tujuan dilakukannya sempro adalah untuk mengidentifikasi topik penelitian, latar belakang penelitian, penegmbangan metoode penelitian, merumuskan hipotesis, serta meringkas keadaan proyek sebagai sebuah proposal.

Dengan melakukan seminar proposal diharapkan rencana penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa menjadi semakin baik.

Bagi mahasiswa momen sempro seringkali dianggap sebagai momen ‘pembantaian’ dimana proposan yang telah dibuat akan diobok-obok oleh dosen penguji. Nah, agar tidak terlalu gugup saat melakukan seminar proposal, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

  • Pahami materi proposal sebaik mungkin

Salah satu kunci agar lancar saat seminar proposal adalah dengan memahami benar isi dan penjelasan dari proposal yang telah disusun. Presentasi yang baik selalu berangkat dari pemahaman materi presentasi yang sama baiknya. Jika tidak memahami materi seminar proposal tentunya akan sulit untuk melakukan presentasi dan menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari dosen penguji.

Jika merasa kesulitan dalam memahami semua materi proposal mahasiswa bisa mengatasinya dengan membuat catatan-catatan kecil yang memuat poin-poin penting dalam proposalnya.

  • Buat presentasi semenarik mungkin

Visualisasi presentasi dalam seminar proposal juga merupakan salah satu aspek kunci dalam seminar proposal. Buatlah power point semenarik mungkin dan sesuai dengan tema skripsi. Power point yang baik akan menunjang proses presentasi.

Baca Juga Mengenal Jenis jenis Data yang Penting dalam Penelitian

Agar lebih mudah, buatlah poin-poin utama presentasi terlebih dahulu sebelum menyusun power point nya secara keseluruhan. Mahasiswa juga bisa memanfaatkan template presentasi yang banyak tersedia di internet.

  • Buat prediksi pertanyaan dan jawabannya

Sebelum melaksanakan seminar proposal, ada baiknya mahasiswa membuat simulasi pertanyaan yang akan ditanyakan penguji dan cara menjawabnya. Meskipun penguji bisa menanyakan apa saja, biasanya setiap dosen memiliki kecenderungan pertanyaan yang sama dalam setiap seminar proposal.

Mahasiswa bisa menanyakan model pertanyaan yang biasa ditanyakan penguji kepada mahasiswa lain yang pernah diuji oleh dosen yang sama. Tips ini terbukti cukup efektif untuk membuat prediksi pertanyaan sempro.

Itulah tips-tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi gugup sebelum menghadapi seminar proposal. Hal terpenting yang harus diingat adalah bahwa seminar proposal, bagaimanapun menakutkannya, tetap harus dilewati. Jadi, hal paling logis yang bisa dilakukan adalah mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Artikel ini telah terbit di website resmi Ardon Statistika. Ardon Statistika merupakan penyedia jasa layanan statistik yang terpercaya dan dapat diandalkan.