fbpx

Metode Regresi Panel Dan Penjelasannya – Tak bisa dipungkiri bahwa metode dalam sebuah penelitian sangat penting. Hal ini dikarenakan metode dalam penelitian ini merupakan sebuah cara,.acuan atau pedoman yang sistematis yang digunakan agar mampu memberikan jawaban atau kesimpulan yang tepat dari penelitian yang dilakukan.

Metodologi atau metode dalam penelitian sangat banyak jenisnya dan digunakan sesuai dengan kondisi atau objek yang diteliti. Salah satu metodologi penelitian yang dipakai yaitu metode regresi panel.

Metode yang satu ini biasanya akan digunakan, jika Anda memilih jenis penelitian kuantitatif. Untuk lebih jelasnya, maka di bawah ini akan disebutkan mengenai metode regresi data panel dan beberapa penjelasan lainnya yang berkaitan.

Definisi Metode Regresi Data Panel

Metode regresi data panel atau singkatnya regresi panel adalah penggabungan antara data cross section dengan data time series yang mana unit cross section yang sama akan diukur di waktu yang berbeda dan tentunya akan punya observasi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan data cross section dan data time series saja.

Pendekatan Dan Uji Khusus Dalam Metode Regresi Data Panel

Perlu Anda ketahui bahwa setidaknya terdapat tiga pendekaran dalam model regresi panel ini. Pendekatan tersebut terdiri dari:

1. Common Effect Model

2. Fixed Effect Model

3. Random Effect Model

Sedangkan untuk uji khusus, menurut baltagi (2005) ada sekitar tiga jenis uji khusus yang bisa digunakan untuk memilih model regresi data panel. Uji khusus yang dinaksud adalah sebagai berikut:

1. Uji Chow

Uji chow biasanya akan digunakan untuk mengetahui model regresi data panel yang terbaik yang ada di antara model yang didapatkan berdasarkan pendekatan Common Effect model dengan pendapatan yang didapatkan dengan menggunakan pendekatan Fixed Effect model.

2. Uji Hausman

Uji khusus yang kedua dari metode regresi panel yaitu uji hausman. Uji khusus yang satu ini biasanya akan digunakan untuk mengetahui model regresi data panel yang terbaik yang ada diantara model yang didapatkan berdasarkan pendekatan random effect model dengan model yang didapatkan dengan menggunakan pendekatan fixed effect model.

Perlu Anda ketahui bahwa hipotesis awal dari uji khusus yang satu ini adalah tidak ada hubungan antara galat model dengan satu atau lebih variabel penjelas.

3. Uji Lagrange Multiplier

Uji Lagrange Multiplier biasanya akan digunakan untuk mengetahui model regresi data panel yang terbaik yang ada di antara model yang didapatkan berdasarkan pendekatan random Effect model dengan pendapatan yang didapatkan dengan menggunakan pendekatan common Effect model.

Demikianlah informasi seputar metode regresi panel yang merupakan salah satu dari metode penelitian kuantitatif yang biasanya berkaitan erat dengan ilmu statistika. Metode ini bisa Anda gunakan jika memang penelitian yang Anda lakukan bisa semakin berhasil dengan adanya metode ini.