fbpx

Panel merupakan bagian dari istilah pada penggunaan data yang merupakan kombinasi antara data silang tempat atau cross section dengan data runtun waktu atau time series. Pada jenis data ini terdapat beberapa model regresi yaitu common effect atau polling least square, fixed effect atau pendekatan efek tetap, serta random effect atau pendekatan efek random.

Unit cross section yang sama akan diukur pada waktu yang berbeda. Data dari beberapa individu yang sama akan diamati dalam kurun waktu tertentu. Untuk penyebutannya digunakan kan simbol T untuk waktu dan N untuk jumlah individu sehingga total unit observasinya dinyatakan dengan NT.

Sementara itu, metode robust merupakan metode regresi yang digunakan ketika proses distribusi dari residual tidak normal atau dari beberapa pencilan yang memiliki pengaruh terhadap model. Metode panel robust dapat diartikan sebagai metode regresi pada proses distribusi dari residual tidak normal dengan kombinasi data silang tempat dan runtun waktu.

Manfaat

Metode ini digunakan untuk menganalisa data yang dipengaruhi oleh pencilan sehingga mendapat model yang resistance. Selain itu, metode ini juga dapat digunakan pada saat distribusi dari error tidak normal atau terdapat outlier yang berpengaruh terhadap model. selanjutnya hal tersebut dapat digunakan untuk menganalisa data yang dipengaruhi oleh outlier.

Hasil yang resistant berarti relatif tidak terpengaruh oleh perubahan besar pada bagian kecil data maupun pada perubahan kecil di bagian besar data. Dalam metode panel robust terdapat satu atau lebih variabel akan diamati pada satu unit observasi dalam kurun waktu tertentu. Adapula amatan dari beberapa unit observasi dalam satu titik waktu.

Keuntungan

Keuntungan menggunakan model regresi ini ialah dapat memberikan peneliti beberapa jumlah pengamatan yang cukup besar. Derajat kebebasan bisa diperoleh yang disertai dengan variabilitas data yang juga berukuran besar. Kolinearitas dapat lebih dikurangi antar variabel penjelas yang nantinya dapat menghasilkan estimasi ekonometri yang lebih efisien.

Baca juga Serba-serbi Metode ARDL Autoregressive Distributed Lag yang Perlu Diketahui

Metode panel robust ini bisa memberikan informasi yang lebih banyak yang tidak bisa diberikan oleh cross section atau time series. Selain itu, panel data yang digunakan bisa memberikan penyelesaian yang lebih baik dalam inferensi perubahan dinamis. Nantinya hasil yang diperoleh bisa lebih efektif dan efisien dan memenuhi setiap kebutuhan.

Intinya setiap proses pada metode tersebut masakan kombinasi antara waktu, data dan tempat. Prosesnya dapat dilakukan sebagai bentuk regresi yang cukup efektif dan efisien karena merupakan perpaduan dari dua bentuk regresi yaitu data panel dan dan sistem robust.

Metode panel robust tersebut dapat Anda gunakan untuk proses analisis data sehingga menghasilkan berbagai implementasi yang efektif dan efisien. Hal ini perlu Anda pelajari dengan cukup mendalam mengingat hasilnya pun cukup detail dan penerapannya harus berhati-hati agar mendapatkan sinkronisasi.