fbpx

Mengenal Aplikasi RapidMiner untuk Pengelolaan Data Mining – Data mining merupakan sebuah proses dengan menggunakan teknik matematika, statistik, kecerdasan buatan serta machine learning agar dapat mengekstraksi serta mengidentifikasi informasi yang bermanfaat. Didalamnya juga terdapat pengetahuan yang terkait dari berbagai database sebesar.

Hal ini perlu dikelola dengan baik dengan menggunakan beberapa komponen yang sangat penting mulai dari peralatan hingga sebuah perangkat khusus. Biasanya dibutuhkan sebuah aplikasi atau software untuk melakukan pengelolaan terhadap jenis data mining agar mendapatkan hasil sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu produk perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengelola data mining ialah RapidMiner. Jenis perangkat lunak ini memiliki sifat terbuka atau open source sehingga dapat disesuaikan dari segi fitur dan penggunaannya. Anda bisa melakukan analisis terhadap data mining, analisis prediksi hingga text mining.

Deskripsi

Berbagai teknik deskriptif dan prediksi digunakan dalam software ini untuk memberikan wawasan kepada pengguna agar dapat membuat keputusan yang terbaik. Sebelumnya software ini dinamakan dengan YALE atau yet another learning environment yang merupakan versi awal yang dikembangkan di tahun 2001. Berikut ini terdapat contoh penyusunan aplikasi ini dalam bentuk sebuah lembar kerja.

Software ini sudah dikenal sebagai software terkemuka di dunia dan paling sering digunakan untuk pengolahan data mining seperti pada polling oleh KDnuggets. RapidMiner berfungsi sebagai alat pembelajaran pada ilmu data mining. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk bisnis komersial, pendidikan, penelitian, pelatihan, dan setiap langkah pembelajaran mengenai suatu data yang besar.

Manfaat Sistem aplikasi ini sudah terbukti dapat memberikan dampak yang positif bagi bisnis yang sedang dijalankan. Bahkan lebih dari 40000 organisasi di setiap industri sangat menyarankan penggunaan software yang satu ini untuk dapat mendorong pendapatan serta meminimalisir risiko. Manfaat terbesar yang dapat dirasakan ialah pada dunia bisnis serta pada proses pembelajaran yang berhubungan dengan data mining.