fbpx

Menganalisis merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan ketika sedang melakukan penelitian mengenai suatu permasalahan. Dalam menganalisis ini tentu membutuhkan yang namanya metode untuk mengetahui kebenaran yang sesungguhnya dari apa-apa yang sedang diuji atau diteliti tersebut.

Salah satu contoh metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif yaitu metode analisis regresi nonparametrik bayesian. Metode yang membutuhkan ilmu statistika ini memang terlihat sulit untuk di pelajari, namun tetap wajib untuk Anda ketahui apabila Anda melakukan penelitian kuantitatif.

Untuk itu, agar Anda paham mengenai regresi nonparametrik ini, maka di bawah ini akan dijelaskan mengenai metode analisis yang satu ini. Adapun penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut.

Apa Itu Metode Analisis Regresi Nonparametrik Bayesian?

Regresi nonparametrik merupakan sebuah metode dalam ilmu statistika yang biasa digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel respon dengan variabel prediktor yang tidak diketahui bentuk fungsinya dan hanya diasumsikan fungsi smooth dalam arti termuat dalam suatu ruang fungsi tertentu, sehingga menyebabkan regresi nonparametrik ini memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi.

Sedangkan metode bayesian merupakan sebuah metode dalam pengambilan keputusan yang telah banyak dipakai oleh peneliti. Tujuan dari mengembangkan metode yang satu ini yaitu untuk menyelesaikan masalah dalam pengambilan keputusan dengan nilai peluang dari kejadian dan nilai evidence yang didapat dari fakta tentang objek yang diteliti.

Perlu diketahui bahwa metode analisis regresi nonparametrik bayesian ini merupakan metode penelitian yang menggunakan ilmu statistika dan tentunya akan berhubungan dengan pendekatan kuantitatif.

Apa Yang Membedakan Regresis Nonparametrik Bayesian Dengan Regresi Yang Lain?

Agar pengetahuan Anda lebih dalam mengenai  metode analisis regresi nonparametrik bayesian, maka perlu Anda ketahui bahwa analisis regresi ini dibagi menjadi tiga yaitu analisis regresi parametrik, non parametrik dan semiparametrik.

Analisis regresi ini merupakan analisis yang dilakukan untuk mengetahui hubungan dari variabel respon dengan variabel prediktor. Untuk bisa membedakan antara ketiga jenis regresi ini maka bisa dilihat dari bentuk model regresi yang tergantung pada kurva.

Dari penjelasan singkat diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa metode ini merupakan metode statistika untuk pendekatan kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel yaitu variabel respon dengan variabel prediktor.

Dalam menggunakan metode ini perlu berhati-hati, sebab jika Anda salah dalam menentukan pendekatan dan bentuk model regresinya, maka bisa saja hasil dari penelitian Anda lakukan tersebut tidak sesuai dengan fakta dilapangan. Demikianlah sedikit informasi mengenai metode analisis regresi nonparametrik bayesian. Informasi selengkapnya dapat anda hubungi Ardon Statistika