fbpx

Analisa Cluster Time Series, merupakan salah satu metode penelitian yang banyak menghasilkan manfaat. Hasil analisis dari Cluster ini sangat padat dan jelas. Sehingga, untuk menarik penjelasan dan kesimpulan, peneliti dapat dengan mudah dalam penulisan. Pada pembahasan di bawah ini akan dijelaskan lengkap mengenai metode analisa Cluster Time Series.

Pamahami mulai dari definisi, kegunaan, rumus, dan lain sebagainya. Anda juga akan diberikan contoh link analisa jurnal dengan penggunaan Cluster Time Series.

Mengenal Metode Analisa Cluster Time Series

Metode analisa Cluster Time Series adalah sebuah cara analisis yang digunakan untuk mengelompokkan objek pengamatan. Sehingga, jika Anda ingin meneliti objek pengamatan yang ada menjadi kelompok-kelompok maka disarankan untuk menggunakan metode ini. Pastinya, pengelompokan antar kelompok satu dengan lainnya mempunyai perbedaan yang signifikan.

Kegunaan Analisa Cluster Time Series

Analisa Cluster Time Series digunakan untuk meneliti dan mengelompokkan objek dalam sebuah kelompok. Dalam hal ini, satu kelompok mempunyai analisa ukuran yang sama. Disisi lain, antara kelompok satu dengan yang lainnya mempunyai perbedaan yang sangat terlihat.

Dapat dikatakan jika analisa Cluster ini dapat dikatakan sebuah metode perangkingan terhadap suatu objek. Setelah itu, objek yang mempunyai hasil atau pengukuran yang sama dan mirip akan dikelompokkan menjadi satu kelompok atau wilayah.

Rumus Analisa Cluster Time Series

Untuk mendapatkan dan mengelompokkan objek menjadi satu kelompok dengan ukuran yang sama, dibutuhkan rumus analisa Cluster Time Series yang tepat. Berikut adalah rumus Cluster Time Series disertai dengan keterangannya :

Bagaimana Cara Kerja Data Analisa Cluster Time Series?

Setelah mengetahui rumus analisa Cluster Time Series, maka pahami cara kerja data didalamnya. Dalam metode ini, clustering akan dihitung berdasarkan jarak masing-masing objek satu dengan yang lain. Setelah itu, Anda akan menemukan pasangan objek terdekat hingga.

Setelah data tersebut terlihat, maka Anda dapat langsung mengelompokkannya masing-masing. Dari sana Anda bisa melakukan deskripsi dan menulis hasil kesimpulan dari metode analisa Cluster Time Series.

Demikian penjelasan lengkap terkait metode analisa Cluster Time Series. Anda dapat mencermati definisi, kegunaan, serta contoh yang ada di atas. Untuk contoh terkait jurnal yang menggunakan analisa metode ini, Anda dapat menemukannya lebih banyak lagi dan mempelajarinya.

Perlu diketahui jika banyak jurnal yang menggunakan metode analisa Cluster Time Series. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dalam memasukkan data angka saat melakukan perhitungan analisis. Dengan begitu, hasil analisa dan deskripsi data dari metode Cluster akan maksimal.